29.6 C
Lombok
Sabtu, November 26, 2022
Beranda Suara Pembaca Kota Mataram Tak Seindah yang dibayangkan, Walikota Mataram Gagal Mengatasi Masalah Sampah

Kota Mataram Tak Seindah yang dibayangkan, Walikota Mataram Gagal Mengatasi Masalah Sampah

Oleh: Hamzan Watoni
Menteri Lingkungan Hidup BEM UNRAM 2021

Sebagaimana telah diamanatkan pada pasal 28 H Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 berbunyi, bahwa lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan hak asasi setiap warga negara Indonesia. Sehingga inilah yang mendorong kami untuk terus bergerak melakukan monitoring terkait permasalahan sampah.

Pada hari Sabtu, 29 Mei 2021 telah dilaksanakan salah satu agenda Kedirjenan Kemitraan dan Penegakan Hukum Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup BEM UNRAM 2021 yaitu Monitoring Sampah. Dalam Monitoring ini kami meninjau beberapa lokasi khususnya di Kota Mataram dan sekitarnya. Ada 5 titik lokasi yang kami kunjungi yaitu TPS depan Boxi, TPS Lawata, Aliran Kali Jangkok, Pantai Loang Balok, dan TPA Regional Kebon Kongok.

Sebagaimana di dalam Peraturan Daerah Kota Mataram No 1 Tahun 2019 Sudah sangat jelas di atur tentang Pengelolaan Sampah.

Pada lokasi ke-1 di TPS Depan Boxi bahwasanya setiap 5 menit sekali terdapat masyarakat yang membuang sampah kesana. Ada beberapa koreksi dari lokasi ini yaitu
1. TPS ini seharusnya di relokasi ke tempat yang lebih luas dan jauh dari keramaian
2. Pihak pengelola sampah khususnya petugas kebersihan yang bertugas mengangkut sampah tersebut kinerjanya belum maksimal, terlihat masih banyak sekali sampah-sampah yang di biarkan dan tidak di angkut di sisi sebelah barat TPS tersebut.
3. Sampah-sampah juga berserakan di pinggir jalan, sungai di sekitarnya sehingga menyebabkan sangat tidak elok ketika kita melihatnya.
4. Tentunya banyak sekali keluhan dari masyarakat yang disekitarnya terutama yang berjualan untuk mencari nafkah.

Lokasi Ke-2 di TPS Lawata, volume sampah yang masuk setiap harinya bisa mencapai 10-15 truk/hari dan berat sampah pertruknya 2,5-3 ton, bisa di kalkulasikan dalam sehari itu TPS Lawata ini menampung sampah sebesar 35 Ton lebih. Permasalahan yang ada di TPS ini yaitu lokasi, Lokasi TPS ini seharusnya di relokasi ke tempat yang jauh dari keramaian dikarenakan letaknya di pusat kota atau di tengah-tengah permukiman dan TPS ini menghasilkan bau yang cukup menganggu bahkan salah satu masyarakat yang kami wawancara bahwasanya sangat tidak nyaman dan menuntut DLHK untuk memindahkan TPS ini ke tempat yang jauh dari permukiman.

Lokasi Ke-3 Aliran Kali Jangkok, Sepanjang Aliran ini kami susuri banyak sekali sampah-sampah yang terlihat di sana. Sebagian besar atau hampir seluruh masyarakat yang tinggal di pinggiran Aliran itu membuang sampah ke sana. Permasalahan sampah disini tidak serta merta kita menyalahkan masyarakat, akan tetapi kehadiran atau keterlibatan pihak Pemerintah dalam menangani sampah disini cukup minim.

Lokasi ke-4 Pantai Loang Balok, di lokasi ini bayak sekali sampah-sampah yang berserakan, sampah-sampah disini berkaitan dengan Aliran Kali Jongkok dikarenakan aliran ini langsung terhubung degan laut. Maka ketika penanganan di Aliran Kali Jongkok belum maksimal atau masih minim maka akan memberikan dampak yang lebih buruk lagi bagi Lingkungan khususnya Ekosistem pantai dan laut.

Lokasi ke-5 TPA Regional Kebon Kongok di Kabupaten Lobar, disinilah tempat pembuangan akhir sampah kota Mataram dan Lombok Barat. Alangkah terkejutnya kami melihat begitu tinggi dan banyaknya tumpukan sampah disana, yang tentu saja memberikan dampak yang cukup negatif bagi lingkungan sekitar mulai dari pencemaran air, tanah bahkan mengganggu kesehatan masyarakat sekitar. Dalam perhari ratusan truk-truk besar silih berganti membuang sampah ke sini, yang dimana TPA ini telah beroperasi dari tahun 1990. Disisi lain di samping gunungan sampah itu terlihat proyek pembukaan lahan baru untuk lokasi TPA.

Sebagaimana di dalam Peraturan Daerah Kota Mataram No 1 Tahun 2019 Sudah sangat jelas di atur tentang Pengelolaan Sampah. Dalam pasal 13 Ayat 1 dan 2 berbunyi pengelolaan sampah terdiri dari pengurangan dan penanganan sampah.

Dalam pasal 14 berbunyi,Pengurangan sampah bisa dilakukan dengan pembatasan timbulan,pendauran ulang sampah dan pemanfaatan kembali sampah.

Di dalam pasal 15 berbunyi Dalam konteks penanganan sampah bisa dilakukan dengan Pemilahan, Pengumpulan, Pengangkutan, Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah.

Sehingga kalau kita perhatikan fakta di lapangan di dalam pasal 14 pada bagian pendauran ulang sampah nyata nyata sangat minim sekali dilakukan oleh pemerintah kota Mataram begitu pula dalam pemanfaatan kembali sampah yg ada di kota Mataram sangat minim sekali.

Begitupun di dalam pasal 15 ini kalau kita turun ke lapangan melakukan monitoring pada poin pertama dalam pemilihan sampah yg seharusnya dilakukan dari awal lalu di kumpulkan namun para petugas hanya langsung melakukan pengumpulan dan pengangkutan, dan pada poin pengolahan sampah sebagai mana tercantum dalam pasal 15 itu sangat minim sekali dan bahkan hanya sebuah mimpi belaka untuk melakukan hal tersebut. Petugas hanya melakukan pengumpulan, pengangkutan,dan langsung di buang ke TPA.

Tentunya dengan cara pengelolaan sampah tersebut sangat berdampak negatif bagi lingkungan sekitar terutama akan berdampak pada kesehatan masyarakat, pencemaran udara dan lain lain.

Harapannya pemerintah daerah kota Mataram lebih serius lagi dalam mengatasi permasalahan-permasalahan sampah yg ada di kota Mataram. Pemkot Mataram juga juga harus menambahkan sarana dan prasarana dalam penanganan sampah seperti penambahan transportasi pengangkutan sampah,mesin pengolahan sampah. Pemkot juga harus menegaskan kepada para pengusaha, perusahaan atau toko toko untuk menggunakan bahan ataupun produk yang bisa di daur ulang. Pemkot harus lebih banyak melakukan kolaborasi dengan semua elemen untuk menangani permasalahan sampah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

SnapDate Evaluación en 2019

¿Está buscando adulto sitios de citas que lo hará sus preferencias? Entonces es esto por qué estás durante aquello SnapDate análisis? Bueno,...

Estilo antiguo Citasâ „¢: Popular Citas con Principios de estilo antiguo

La pequeña tipo: cuando Dennie Smith observó ella no aprobar anuncios de contactos en Montilla este romántico amantes su hija, Laurel,...

If She Cheats, You Have Let Her Go?

If She Cheats, In The Event You Absolutely Allow Her To Go? The Question The AnswerHi CC, No. Never get their back.  I am aware this is hard...

eHarmony visibility Questions: 17 Examples & suggestions for Answering

Not too long ago, eHarmony revealed that new members would not need respond to every concern on the webpage's exclusive survey throughout the signup...

Recent Comments