29.6 C
Lombok
Sabtu, November 26, 2022
Beranda Lingkungan Mahasiswa KKN Unram Desa Sembalun Lawang Ingatkan Masyarakat Pentingnya Keamanan Pangan Untuk...

Mahasiswa KKN Unram Desa Sembalun Lawang Ingatkan Masyarakat Pentingnya Keamanan Pangan Untuk Mendukung Pariwisata

Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram dengan tema Pariwisata dan lingkungan Desa Sembalun Lawang meyelenggarakan kegiatan sosialisasi di Madrasah Syukur Assyari pada hari Sabtu (23/7/2022)

Kegiatan sosialisasi yang mengangkat tema “Upaya Meningkatkan Keamanan Pangan Melalui Budidaya Hortikultura Yang Baik Untuk Mendukung Pariwisata Desa Sembalun Lawang” ini sebagai bentuk kepedulian mahasiswa KKN UNRAM untuk keamanan pangan serta melestarikan pariwisata Desa Sembalun.

Dalam acara sosialisasi tersebut Mahasiswa KKN Unram selaku penyelenggara mengundang beberapa pembicara yakni dari Dinas Ketahanan Pangan dan Ketua Masyarakat Petani dan Pertanian Organik Indonesia (MAPORINA) NTB dan Dosen Fakultas Pertanian.

Antusias dari masyarakat terkait kegiatan ini pun sangat baik, hal tersebut terbukti dengan dihadirinya kegiatan sosialisasi ini  oleh Kepala Desa Sembalun Lawang, Staff Desa, Petani, Pemuda Karang Taruna, tim PKK, Siswa/i Madrasah Syukur Assyari, Pokdarwis, serta perwakilan dari KKN Universitas Gunung Rinjani dan KKN Universitas Nahdatul Ulama.

Fathul Ajis selaku ketua kelompok KKN menjelaskan Kegiatan ini dilatar belakangi dengan melihat petani di sembalun yang menggunakan pestisida secara berlebihan. Selain membuat kualitas tanah menjadi menurun, penggunaan pestisida yang berlebihan juga akan mengakibatkan ketidak amanan bahan pangan yang dihasilkan. Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini semoga dapat mendorong serta memberikan gambaran pada masyarakat tentang pentingnya budidaya Hortikultura yang baik untuk meningkatkan keamanan pangan.

Dalam kegiatan tersebut Pemateri memberikan pengetahuan serta gambaran tentang penggunaan pupuk organik dan melakukan perbandingan langsung ke lapangan terkait budidaya tanaman organik serta memberikan arahan ke masyarakat supaya bijak dalam penggunaan pestisida.

“Sembalun sebagai Desa Wisata harus benar benar dipastikan keamanan pangannya, karena banyak wisatawan baik itu dari luar atau dalam negri yang datang melihat keindahan sembalun sebagai desa wisata. Wisatawan tentu tidak berani mengkonsumsi makanan yang dihasilkan oleh masyarakat sembalun jika tidak teruji keamanannya “ujar Prof Sarjana selaku Dosen Pembimbing Lapangan.

Selaku pemateri Ir. Hj. Nur Ilmiati, M. S (Dinas Ketahanan Pangan) dalam forum sosialisasi menjelaskan “Sembalun sebagai penghasil bahan pangan terbesar di NTB harus benar benar sadar, karena menjaga keamanan pangan menjadi berkualitas itu sangat penting untuk mendukung Sembalun sebagai daerah Agrowisata”.

Kegiatan sosialisasi yang tidak hanya forum satu arah ini kemudian membuka ruang diskusi supaya audiens dan pemateri dapat berinteraksi, para audiens dipersilahkan untuk berbicara setelah para pemateri menyampaikan isi materinya.

“Saya selaku perwakilan masyarakat Sembalun yang aktif di Masyarakat Petani dan Pertanian Organik Indonesia wilayah NTB mengajak kita semua untuk berupaya mengurangi penggunaan pestisida agar dapat memulihkan kondisi tanah yang terlanjur rusak akibat pemakaian pestisida yang berlebihan”, ucap Pak Mawilih (Perwakilan MAPORINA NTB).

Kepala Desa Sembalun Lawang H.M.Idris sangat mengapresiasi kegiatan ini dan sangat merasa terbantu oleh kegiatan sosialisasi yang diadakan Mahasiswa KKN Unram.

Ia menyampaikan bahwa dengan kegiatan seperti ini semoga dapat memberikan kesadaran terhadap masyarakat kami terkait dengan keamanan pangan tersebut.

“Dalam kegiatan ini kami berharap agar masyarakat Sembalun antusias jika ada kegiatan sosialisasi seperti ini, karena itu akan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat”, tutup fathul Ajis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

SnapDate Evaluación en 2019

¿Está buscando adulto sitios de citas que lo hará sus preferencias? Entonces es esto por qué estás durante aquello SnapDate análisis? Bueno,...

Estilo antiguo Citasâ „¢: Popular Citas con Principios de estilo antiguo

La pequeña tipo: cuando Dennie Smith observó ella no aprobar anuncios de contactos en Montilla este romántico amantes su hija, Laurel,...

If She Cheats, You Have Let Her Go?

If She Cheats, In The Event You Absolutely Allow Her To Go? The Question The AnswerHi CC, No. Never get their back.  I am aware this is hard...

eHarmony visibility Questions: 17 Examples & suggestions for Answering

Not too long ago, eHarmony revealed that new members would not need respond to every concern on the webpage's exclusive survey throughout the signup...

Recent Comments