29.6 C
Lombok
Sabtu, November 26, 2022
Beranda BERITA Pengoptimalan Limbah Sampah dan Kotoran Ternak, Mahasiswa KKN-T Unram Desa Aik Bual...

Pengoptimalan Limbah Sampah dan Kotoran Ternak, Mahasiswa KKN-T Unram Desa Aik Bual Melakukan Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Pupuk Hen-Booster Organic Suplement

KKN Tematik UNRAM Tahun 2022 dengan Tema Pariwisata dan lingkungan di Desa Aik Bual, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah mengadakan sosialisasi dan pelatihan pembuatan Pupuk Rabu (20/7/2022).

Kegiatan yang bekerja sama dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ir Kertanegara, MP dan Ir Muhammad Dohi, M.Si melakukan sosialisasi sekaligus pelatihan pembuatan Pupuk kompos dan Pakan ternak menggunakan teknologi Hen-BOS hasil penemuan Henry Soesilo.

Hal ini merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi limbah rumah tangga, industri, pertanian/peternakan.

Ir Kertanegara menyampaikan Hen-BOS merupakan kultur campuran dari mikro-organisme yang menguntungkan bagi pertumbuhan tanaman. Hen-BOS diaplikasikan sebagai inokulan untuk meningkatkan keragaman dan populasi mikroorganisma didalam tanah dan tanaman, yang selanjutnya dapat meningkatkan kesehatan, pertumbuhan, kuantitas dan kualitas produksi tanaman.

Ia menambahkan bahwa dalam bidang peternakan, Hen-BOS dapat mempercepat pengomposan sampah organic atau kotoran hewan dan dapat disemprotkan pada lingkungan kandang tidak berbau, ternak tidak stress dan akibatnya nafsu makan meningkat.

Disamping itu Hen-BOS dapat diminumkan pada ternak, dimana Hen-BOS dapat menekan mikroorganisme pathogen di dalam usus, sehingga ternak menjadi sehat dan produksinya meningkat,jelasnya.

Muzaini ketua kelompok KKN-T Unram Desa Aik Bual menyampaikan bahwa tujuan mengadakan sosialisasi tersebut untuk memberikan pengetahuan serta pelatihan langsung dan mengajak masyarakat desa aik bual khususnya kelompok tani membuat pupuk kompos dengan menggunakan Hen-BOS.

Dengan adanya sosialisasi dan pelatihan pembuatan pupuk ini, diharapkan masyarakat desa aik bual khususnya para petani dapat memanfaatkan potensi yang ada di sekitarnya berupa limbah sampah dan sisa-sisa tanaman serta kotoran ternak untuk bisa dimanfaatkan sebagai kompos dan juga untuk menjaga kebersihan dan kelestarian desa aik bual ini, pungkasnya.

Sosialisasi dan Pelatihan yang diadakan mendapatkan respon baik dari masyarakat Desa Aik Bual, disamping itu masyarakat Desa Aik Bual sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut, terbukti dari hadirnya perwakilan setiap dusun dan Kelompok tani yang hadir dalam kegiatan sosialisasi dan pelatihan pada hari itu, karena rata-rata masyarakat Desa Aik Bual berprofesi sebagai Petani dan Peternak.

Junaidi, S.Pd selaku Kepala Desa Aik Bual Berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan pupuk kompos dan pakan ternak ini dapat memberikan ilmu dan manfaat bagi masyarakat sekitar khususnya Desa Aik Bual dan dapat segera diaplikasikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

SnapDate Evaluación en 2019

¿Está buscando adulto sitios de citas que lo hará sus preferencias? Entonces es esto por qué estás durante aquello SnapDate análisis? Bueno,...

Estilo antiguo Citasâ „¢: Popular Citas con Principios de estilo antiguo

La pequeña tipo: cuando Dennie Smith observó ella no aprobar anuncios de contactos en Montilla este romántico amantes su hija, Laurel,...

If She Cheats, You Have Let Her Go?

If She Cheats, In The Event You Absolutely Allow Her To Go? The Question The AnswerHi CC, No. Never get their back.  I am aware this is hard...

eHarmony visibility Questions: 17 Examples & suggestions for Answering

Not too long ago, eHarmony revealed that new members would not need respond to every concern on the webpage's exclusive survey throughout the signup...

Recent Comments